Minggu, 16 Oktober 2016

Macam - macam Musim di Dunia

Macam - macam Musim di Dunia disertai gambar dan ciri-cirinya.

Di dunia terjadi empat musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. akan tetapi di negara Indonesia terjadi hanya dua musim, musim kemarau dan musim hujan.

Berikut macam-macam musim yang ada di dunia disertai gambar dan ciri-cirinya.

Pengertian musim.


Musim adalah salah satu pembagian utama tahun, biasanya berdasarkan bentuk iklim yang luas. Biasanya satu tahun terbagi menjadi empat musim, yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Tetapi, di Indonesia karena terletak di daerah tropis, maka hanya dibagi menjadi dua musim saja, yaitu: musim hujan dan musim kemarau.


Macam-macam Musim


Musim Semi
 
Musim semi bisa dibilang jadi musim yang paling nyaman sepanjang tahun. Pasalnya, cuaca di musim ini cenderung ramah. Oleh karena itu, banyak binatang dan tumbuhan yang bereproduksi di musim ini. Musim ini termasuk musim yang terjadi di daerah-daerah nontropis. Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni, sedangkan di belahan selatan bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember.

Ciri-ciri Musim Semi
- Tumbuh-tumbuhan mekar kembali 
- Disebut juga musim bunga
- Siang hari lebih panjang daripada malam hari
- Hawa musim semi agak terasa panas

Musim Panas
Musim panas adalah salah satu musim di negara berhawa sedang. Tergantung letak sebuah negara, musim panas bisa terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di belahan utara bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September, sementara di belahan selatan bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret. Di banyak negara, musim panas adalah musim liburan sekolah. Di musim ini, kegiatan paling seru adalah berenang.

Ciri-ciri Musim Panas :

- Pepohonan kering
- Pencemaran udara
- Air menjadi keruh, dan
- Susah mendapatkan air


Musim Gugur
Musim gugur merupakan peralihan antara musim panas ke musim dingin. Sama seperti musim semi dan musim panas, musim ini hanya terjadi di negara-negara subtropis. Musim gugur dimulai pada tanggal 1 September dan berakhir 30 November untuk belahan utara bumi, sedangkan untuk belahan selatan dimulai tanggal 1 Maret dan berakhir 31 Mei. Di musim ini, banyak tumbuhan yang menggugurkan daunnya. Beberapa macam binatang seperti tupai bahkan mulai mencari cadangan makanan untuk musim dingin.

Ciri-ciri Musim Gugur : 
- Daun-daun berguguran
- Bisa disebut musim panen
- Siang hari lebih pendek daripada malam hari

Musim Dingin
Musim dingin atau musim salju ialah saat paling dingin di bumi. Merupakan salah satu dari 4 musim di negeri-negeri yang beriklim subtropis dan sedang. Di belahan utara bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret, sementara di belahan selatan bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September. Satu hal yang bikin musim dingin ini menarik, salju.

Ciri-ciri Musim Dingin :
- Udara terasa sangat dingin (80% dingin dan 20 % panas)
- Disebut juga musim salju
- Sering terjadinya Aurora di langit-langit.
- Hewan-hewan beraktivitas di sarang

Musim yang ada di Indonesia

Musim Kemarau.
Musim kemarau atau musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipengaruhi oleh sistem muson. Untuk dapat disebut musim kemarau, curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (atau 20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berturut-turut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan, Australia bagian timur laut, Afrika, dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini.
Musim kemarau adalah pasangan dari musim penghujan dalam wilayah dwimusim. Musim Kemarau panjang adalah Musim Kemarau yang sangat panas dengan jangka waktu yang panjang.
Gejala ENSO dikenal dapat memperpanjang durasi musim ini sehingga mengakibatkan kekeringan berkepanjangan. Musim kemarau  terjadi dari bulan April hingga September.

Musim Huja.
Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis meteorologi, musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).
Di daerah tropis musim hujan bergantian dengan musim kemarau (musim kering) dan sangat dipengaruhi oleh pergerakan semu Matahari tahunan. Pergerakan Matahari mengubah peta suhu udara dan permukaan tanah dan samudera. Pada gilirannya perbedaan suhu akan mengubah konsentrasi uap air di udara. Biasanya musim hujan terjadi pada bagian bumi yang tengah mengalami posisi zenith peredaran semu Matahari. Musim Hujan terjadi dari bulan oktober hingga maret.


Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Musim_gugur
https://id.wikipedia.org/wiki/Musim_semi
https://id.wikipedia.org/wiki/Musim_panas
https://id.wikipedia.org/wiki/Musim_dingin
http://id.wikipedia.org/wiki/Musim_hujan
http://id.wikipedia.org/wiki/Musim_kemarau

incoming
ciri-ciri musim di dunia
ciri-ciri musim dingin
ciri-ciri musim semi
ciri-ciri musim panas
ciri-ciri musim gugur
berapa musim di dunia
berbagai musim di dunia
musim di Indonesia
macam-macam musim di indonesia


1 komentar:

  1. Macam - Macam Musim Di Dunia ~ Belajar... Bisa .... >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Macam - Macam Musim Di Dunia ~ Belajar... Bisa .... >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Macam - Macam Musim Di Dunia ~ Belajar... Bisa .... >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus